Sunday 4 January 2015

Desain kaver buku, majalah, e-book dll.

Beberapa contoh ukuran buku yang biasa digunakan untuk membuat desain sebuah buku sebagai berikut:

Ukuran Buku A4

Buku dengan ukuran A4 (210 mm x 297 mm) ukurannya cukup besar, tapi ukuran A4 ini tidak banyak membuang kertas ketika dicetak di mesin offset. Ukuran buku A4, banyak digunakan sebagai buku pelajaran dari TK sampai SMA.

Ukuran Buku B5

Buku dengan ukuran B5 (176 mm x 250 mm) ukurannya sedang dan ukuran jenis B5 ini efesien dan tidak membuang banyak kertas ketika dicetak. Ukuran buku B5 banyak dibuat untuk buku TK-SMA, perguruan tinggi, dan umum.

Ukuran Buku A5

Buku dengan ukuran A5 (145 mm x 210 mm) ukurannya kecil tapi sangat efesien untuk dicetak karena tidak membuang banyak kertas. Kemudian buku dengan ukuran ini, banyak digunakan untuk buku-buku umum dan sejenisnya.

Ketiga ukuran buku di atas, merupakan ukuran buku yang ideal dan baik untuk digunakan. Tidak hanya itu, ukuran buku tersebut merupakan ukuran buku yang sudah standar ISO. Artinya tidak perlu diragukan lagi untuk menggunakan ukuran-ukuran buku yang dijelaskan di atas.

Setiap ada kurikulum baru, biasanya pemerintah mengadakan penilaian buku-buku pelajaran yang diadakan oleh kemdikbud dan BSNP. Kemudian untuk penilaian buku tersebut, dibuatkan sebuah rambu-rambu/instrumen kegrafikaan yang biasanya dibuat oleh badan penilai buku yaiutu Puskurbuk. 

 Puskurbuk menyarankan ukuran bukusebagai berikut: A4 (210 mm x 210 mm) dan B5 (176 mm x 25 mm). Bukan  tanpa alasan mereka merekomendasikan ukuran buku tersebut, pasti sudah diadakan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh badan tersebut. 


Diatas adalah Contoh-contoh desain kaver yang dibuat oleh pindankartustudio yang telah dibuat di kontes grafis tingkat dunia dan selalu masuk finalis, maka percayakanlah pada kami untuk membuat desain kaver untuk buku, majalah, e-book dan sebagainya. Kami menawarkan dengan harga murah dan berkualitas. 

Delapansatustudio

Unknown

Author & Editor

Mengutamakan kebaikan dan kualitas dalam usaha

0 comments:

Post a Comment

 

81desain © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com